Bursa kerja: Banyak Muslim Militan Indonesia Berjuang di Suriah

Bursa kerja: Banyak Muslim Militan Indonesia Berjuang di Suriah


Banyak Muslim Militan Indonesia Berjuang di Suriah

Posted: 01 Feb 2014 03:18 PM PST

VIVAnews - Sebuah laporan yang dipublikasikan Institut Analisa Kebijakan Konflik (IPA) pada pekan ini, menyebut warga Indonesia yang kini berjuang di Suriah dapat menghidupkan kembali kelompok militan untuk menebar teror di Indonesia.

Dalam laporan yang diberi judul "Warga Indonesia dan Konflik Suriah" menyebut organisasi yang paling aktif di Suriah sejak konflik di sana pecah yaitu Jemaah Islamiyah (JI).

Dilansir dari Harian Bangkok Post, Sabtu 1 Februari 2014, menyebut terdapat perubahan pola bagi kelompok militan Indonesia yang sebelumnya memilih berjuang di Afganistan di akhir 1980-an dan 1990-an atau pergi ke area Palestina untuk memberi dukungan moral dan keuangan bagi warga Muslim di sana. 

"Konflik di Suriah telah terekam dalam ingatan kelompok ekstrimis Indonesia ketimbang perang di negara lainnya," ujar institut yang dipimpin pengamat tindak teror, Sidney Jones. 

Sebuah data yang dilansir dalam laporan setebal 13 halaman itu menyebut jumlah Warga Negara Indonesia yang kini berada di Suriah sekitar 50 orang. Data ini diperoleh IPA dari Kementerian Luar Negeri pada Desember 2013. 

Sementara jumlah pejuang asing yang berada di Suriah mencapai delapan ribu orang dari 74 negara. 

"Namun, jumlah ini bisa terus bertambah. Tim pemberi bantuan kemanusiaan ikut terlihat memfasilitasi masuknya para pejuang itu ke Suriah," ungkap Jones dilansir laman resmi IPA. 

Menurut IPA, mereka masuk ke Suriah melalui Turki hingga ke perbatasan Suriah. Jalur ini, dinilai IPA relatif mudah untuk dilalui warga Indonesia. 

Laporan itu turut menyebut sayap pemberi bantuan kemanusiaan dari JI, Kelompok Masyrakat Hilal Ahmar Indonesia, telah mengirimkan 10 delegasi ke Suriah membawa uang tunai dan bantuan medis dan didistribusikan kepada para pejuang di sana. Tujuannya untuk membuka jalur bagi warga Indonesia yang ingin ikut berjuang di sana.

Namun, JI membantah laporan yang menyebut konflik Suriah membantu kemampuan anggota JI dalam menggalang dana dan merekrut anggota.  

IPA menyebut lima dari tujuh pria alumni Pesantren Al-Mukmin yang didirikan Ustad Abu Bakar Bashir, telah berangkat ke Suriah. Menurut IPA keterlibatan warga Indonesia dalam peperangan di Suriah dapat berdampak secara domestik. 

Bagi mereka yang kembali dari Suriah, dikhawatirkan dapat menanamkan kehidupan dan kepemimpinan baru dalam gerakan teror yang kini mulai melemah.

Mereka, bahkan dapat kembali menghubungkan Indonesia kepada gerakan jihad global yang sebagian besar telah runtuh sejak pemimpin gembong teroris, Noordin M. Top tewas di tangan polisi anti teror densus 88. 

Hal itu terbukti ketika pada Januari kemarin, setelah polisi Anti Teror Densus 88 berhasil melumpuhkan enam anggota kelompok Islam militan bernama Mujahidin Indonesia Barat, otoritas setempat mengumumkan salah satu dari mereka telah berencana akan berangkat ke Suriah. Kesaksian dari seorang anggota kelompok tersebut yang selamat juga mengatakan hal serupa. 

Dia mengatakan keenamnya telah berencana pergi ke Suriah dan telah merampok sebuah bank untuk membiayai perjalanan itu. Satu orang anggota bahkan telah tiba di Suriah untuk membantu kedatangan mereka di sana. 

Jones mengingatkan potensi bahaya itu tetap ada dan patut diwaspadai. Kelompok teror Indonesia selalu bergantung terhadap pemicu lokal. 

Tanpa adanya konflik internal yang besar dan kondisi politik dalam negeri yang tidak stabil, pemicu itu sangat lemah.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Mulai Hari Ini, Belanja dari PKL di Bandung Didenda Rp1 Juta

Posted: 01 Feb 2014 03:16 PM PST

VIVAnews - Keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung membereskan masalah Pedagang Kaki Lima (PKL) terus dilakukan.

Tidak hanya para pedagang, konsumen akan kena getahnya dengan denda Rp1 juta yang baru diberlakukan Minggu 2 Februari 2014, bila membeli barang dari PKL di zona merah.

Zona merah adalah wilayah yang dilarang Pemkot Bandung untuk para PKL menjajakan barang dagangannya, seperti Jalan Merdeka, Jalan Kepatihan, Jalan Dalem Kaum dan kawasan Masjid Agung.

Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan penetapan denda berdasarkan Perda Nomor 4 tahun 2011 Tentang Penataan dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima bukan saja mengatur para PKL tapi konsumennya.

"Iya zona merah akan mulai diterapkan besok (denda Rp1 Juta), Kan di situ ada pasal-pasanya (Perda Nomor 4 tahun 2011), ada juga untuk konsumen sehingga kami cuma menjalankan aturan tersebut," katanya di Bandung, Sabtu 1 Februari 2014.

Guna melancarkan penerapan aturan, Pemkot Bandung telah gencar melakukan sosialisasi dengan sejumlah spanduk besar di wilayah yang nantinya akan diterapkan. Diharapkan masyarakat sadar betul dan mematuhi aturan itu.

"Ini juga maksudnya untuk mendisiplinkan, kami di sini sebagai otoritas harus tegas apalagi ini sudah tertuang dalam aturan, yang sebenarnya sudah sejak 2011 lalu, bukan sekarang baru dibuat," ujar dia.

Dalam pelaksanaan teknis di lapangan, petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan ditempatkan di beberapa lokasi yang berperan menindak bagi siapa saja pelaku pelanggaran.

"Tapi kita pastikan dulu bahwa di sana (zona merah) sudah tidak ada yang jualan, kalau ada yang mencari PKL kita arahkan dulu beli barang di tempat yang sudah disediakan. Jadi kita enggak langsung denda, kita arahkan dulu, kalau membandel artinya sudah siap bayar denda," jelasnya.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Warga China Dilarang Plesiran ke Luar Angkasa

Posted: 01 Feb 2014 03:08 PM PST

VIVAnews - Tak sabar mau melihat Bumi dari ruang hampa? Tak lama lagi, mimpi semua orang yang ingin ke luar angkasa bisa terwujud. Tidak perlu jadi astronot, cukup jadi penumpang.


Baru-baru ini, Virgin Galactic telah mengumumkan harga tiket resmi bagi siapapun yang ingin plesiran ke luar angkasa. Harga satu tiketnya US$250.000, setara Rp3 miliar. Kalau Anda sanggup, silahkan saja.

Kecuali jika Anda warga kebangsaan China. Hampir 700 calon penumpang sudah melakukan reservasi untuk tamasya bersama pesawat roket SpaceShipTwo, namun khusus warga China akan diuangkan kembali.

Laporan terkait ditolaknya warga China sebagai penumpang SpaceShipTwo berhembus pertama kali di Hong Kong. Harian South China Morning Post mengutip Winnie Chan, seorang perwakilan Travel Miramar, calon pembeli dengan paspor China ditolak mentah-mentah.

Tanpa pengecualian. Warga China yang sudah mendapatkan green card AS atau terdaftar di paspor Hong Kong pun tetap ditolak. Apa alasannya?

Juru bicara Virgin Galactic, Christine Choi memberikan pernyataan via e-mail pada NBC News pada Jumat, 31 Januari 2014, bahwa larangan tersebut di bawah persyaratan rezim pemerintah federal bagian kontrol ekspor, atau dikenal dengan International Traffic in Arms Regulations (ITAR).

Regulasi tersebut ditujukan untuk membendung aliran teknologi senjata yang diimpor China serta negara-negara lain seperti Kuba, Iran, dan Korea Utara.

"Sistem Virgin Galactic berada di bawah pengawasan ITAR oleh pemerintah AS. Virgin Galactic hanya mematuhi aturan dan surat kontrol ekspor AS, dan saat ini memilih untuk tidak menerima deposit dari negara-negara yang tidak tunduh pada aturan ekspor AS dan regulasi terkait," papar Choi dalam pernyataannya.

Pesawat roket SpaceShipTwo akan menjalankan uji coba penerbangan dan diharapkan dapat memulai tur ruang suborbital pada awal tahun ini.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Bursa kerja: Banyak Muslim Militan Indonesia Berjuang di Suriah cari kerja