Bursa kerja: Jurus Serangan Udara Hingga Kopi Darat Ala Gita Wirjawan

Bursa kerja: Jurus Serangan Udara Hingga Kopi Darat Ala Gita Wirjawan


Jurus Serangan Udara Hingga Kopi Darat Ala Gita Wirjawan

Posted: 28 Feb 2014 03:02 PM PST

VIVAnews - Pemilu Legislatif 9 April 2014, tidak lebih dari 40 hari lagi. Pileg ini bakal jadi salah satu penanda siapa calon-calon presiden yang akan bertarung di Juli 2014. Termasuk calon dari Partai Demokrat yang kini tengah bertarung lewat mekanisme konvensi. 

Di ajang konvensi, persaingan perebutan dukungan semakin gencar. Segala upaya pun dilakukan, mulai dari turun ke level grass roat, hingga lewat "jalur udara" (sosial media), seperti yang dilakukan salah satu peserta konvensi, mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan. Gita secara khusus membentuk tim sosial media untuk mensosialisasikan program-programnya.

"Kita fokus mencari dukungan untuk memenangkan Pak Gita dalam konvensi. Waktu kita tinggal sedikit," kata Direktur Digital GITA 2014, Adi Nagara kepada VIVAnews.

Mantan gamer Counter-Strike ini menyiapkan strategi dalam kondisi yang semakin mepet. Ia mengatakan, pertarungan dalam konvensi sangat tegas dimana semua peserta berhadapan langsung secara terbuka untuk meraih dukungan. "Kita terus upayakan online bersinergi dengan offline melalui kopi darat," ujarnya.

Strategi ini dianggap jitu dalam kondisi saat ini. "Kami tidak seperti partai yang mempunyai waktu panjang. Waktu kita pendek semua proses berpikir dan kreativitas harus cepat," kata pemilik gelar MBA dari INSEAD di Perancis ini.

Tim Digital Capres Gita Wirjawan sendiri sudah bekerja sejak empat bulan lalu. Dari apa yang dihasilkan, ia mengatakan sudah cukup terlihat. Per 28 Februari 2014, akun Twitter @GWirjawan sudah mencapai 585.000 followers dengan jumlah fans Facebook lebih dari 1,3 juta.

"Ini terus bertambah setiap harinya. Pak Gita juga aktif merespon akun ini secara langsung. Ini yang membuat akun kita mempunyai tingkat interaksi yang tinggi," ungkapnya.

Tim digital melakukan pemantauan setiap hari akan semua isu dan pertanyaan. "Rata rata ada 100 pertanyaan yang masuk dalam seminggu. Mulai yang sekadar ingin tahu, pernyataan dukungan hingga pertanyaan yang kritis. Jawaban dari hampir semua pertanyaan ditampilkan di www.gitawirjawan.com, tentunya diluar pertanyaan yang berulang. Dan ini juga jadi masukan bagi Pak Gita," paparnya.

Apa yang dilakukan selama empat bulan terakhir telah menghasilkan pemetaan peserta Capres pesaing di dunia maya. Data ini dipantau untuk mengukur dukungan riil terhadap Gita, karena mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal tersebut sangat ketat menekankan kejujuran dalam berkampanye.

Berdasarkan pantauan Socialbakers pada 28 Februari 2014 followers akun twitter @GWirjawan, Real 63 persen, Suspicious 19 persen. Fakta itu membanggakan dibanding dengan Capres lain yang juga bersaing meraih perhatian publik di media sosial. Tim Digital Gita 2014 melihat pesaing followers terberat adalah @aniesbaswedan dengan 67 persen followers real, 19 persen suspicious dan 14% inactive, serta akun @marzukialie_MA dengan jumlah 60 persen real, 19 persen inactive dan 21 persen suspicious.

Data lain untuk @iskan_dahlan 46 persen real, 23 persen inactive dan 31 persen suspicious. Sedangkan capres pembanding dari partai lain, Gerindra yakni Prabowo Subiyanto memiliki 48 persen real followers, 19 persen inactive, 33 persen suspicious.

Strategi kopi darat

Penggunaan dunia digital diakuinya difokuskan untuk mengejar para pemilih dikalangan muda dan pemilih pemula. Ini sebuah target yang tidak mengawang dimana sesuai data KPU para pemilih muda berjumlah 30 persen dari total warga negara yang mempunyai hak suara dalam Pemilu 2014.

Tim digital memahami akses internet terbaik ada di pulau Jawa, namun tim ini harus mampu menyentuh dukungan dari Sabang sampai Merauke. Pria kelahiran tahun 1985 tersebut menggunakan strategi kopi darat.

Kopi darat sendiri dilakukan berdasarkan acuan dari data online yang dilanjutkan pada strategi offline. Ia menyebutnya KetemuGW (alias Ketemu Gita Wirjawan). "Kita melakukan banyak kegiatan kopi darat dimana fans digital bertemu langsung untuk membahas berbagai hal bersama pak Gita," katanya.

Di setiap acara kopi darat ini para fans membawa rekan lain yang tidak aktif di dunia digital. "Tidak semua mempunyai akses dan bisa memanfaatkan jejaring media sosial. Namun dengan kopi darat semua menjadi menarik dimana fans digital mengajak kolega yang lain," ungkapnya.

Dengan memadukan strategi online dan kopi darat tim bisa membuat analisis target usia yang akan disentuh. "Tim Digital GITA 2014 menargetkan dukungan dari warga negara yang berusia 17-45 tahun. Ini yang kita optimalkan."

Pertumbuhan pengakses akun Gita Wirjawan dan strategi ganda online dan kopi darat ini membuatnya optimis akan memeperoleh dukungan kuat dan menang meski capres peserta konvensi lain juga menggunakan sosial media.

"Kalau konvensi Demokrat diibaratkan seperti sebuah kue. Tim kita akan memperoleh dukungan hingga 30 persen. Ini cukup untuk memenangkan Pak Gita," ujarnya. (umi)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Molot, Motor Teraman Dunia Buatan Rusia

Posted: 28 Feb 2014 02:42 PM PST

VIVAnews - Perusahaan asal Rusia, Chak Motors, tengah mengembangkan motor teraman di dunia. Motor yang diberi nama Molot itu diklaim telah dibekali teknologi radar.

Dengan begitu, dapat mendeteksi jika ada kendaraan yang terlalu dekat dengan motor yang kita tunggangi.

Melansir Visordown, Sabtu 28 Februari 2013, Molot sejatinya adalah Honda Fireblade lansiran 2013 yang telah mendapat modifikasi dan ditambahkan fitur Predictive Emergency Braking System (PEBS).

Salah satu fitur yang dimiliki Molot, jika pengendara terlalu dekat dengan mobil yang tengah melambat ada di depan, sistem akan memberitahu Anda lewat 'flashing light' dan selanjutnya stang akan bergetar.

Jika Anda tidak bereaksi, maka sistem secara otomatis akan meningkatkan level getaran pada stang dan langsung mengaktifkan sedikit rem secara halus.

Lalu, jika Anda masih juga tidak bereaksi, maka sistem akan mengambil kontrol terhadap rem dan melakukan pengereman untuk menghindari tabrakan.

Ada juga pemantauan area blind spot melalui sensor yang dipasang di bagian belakang motor. Kemudian, Lane Departure Warning System (LDWS), memperingatkan pengendara ketika keluar jalur tanpa memberikan sein.

Menariknya, data-data motor lainnya seperti kecepatan, penggunaan rem, dan lainnya disimpan dalam sebuah kotak hitam, seperti pesawat terbang.

Jantung pacunya disokong mesin 999,8cc, liquid-cooled, inline 4-silinder. Mesin DOHC itu dicomot dari Honda CBR1000RR kemudian dipadukan dengan transmisi 6-percepatan.

Guna mengurangi waktu produksi, Chak telah menerapkan teknologi cetak 3D pada Molot. Sekitar 5 persen dari sepeda motor dibangun dari 3D logam atau plastik.

Dengan fitur berlimpah kelas wahid, Molot dibanderol cukup mahal yakni US$75.000 atau sekitar Rp868 juta. (one)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Depak Jebolan Liga Inggris, Persija Dapatkan Striker Bosnia

Posted: 28 Feb 2014 02:41 PM PST

Zelimir Terkes menjadi pemain asing keempat di skuad Macan Kemayoran.

Klub

Berita Terkait

Striker baru Persija, Zelimir Terkes (pafanews.com)

VIVAbola - Usai mendepak mantan penggawa West Bromwich Albion, Nathan Ellington, Persija Jakarta resmi mendapatkan seorang penyerang asing baru jelang ditutupnya bursa transfer Liga Super Indonesia (ISL) pada 28 Februari 2014 kemarin. Adalah penyerang asal Bosnia, Zelimir Terkes, yang menjadi pemain asing terakhir di skuad Macan Kemayoran untuk musim ini.

Sebelum membela Persija, Terkes bermain untuk klub Malaysia, Perak FA. Proses penandatanganan kontrak antara manajemen Persija dengan Terkes dilangsungkan di Malaysia kemarin. Dan pemain berusia 31 tahun itu dikontrak dengan durasi satu musim.

"Sudah terjadi tanda tangan kontrak antara Persija dengan Zelimir Terkes dan dia dikontrak semusim," kata Manajer Persija, Asher Siregar, lewat pesan singkatnya.

Sebelum dikontrak Persija, Terkes tidak menjalani tes kesehatan terlebih dahulu dengan Persija, seperti yang dilakukan calon pemain-pemain asing sebelumnya. Hal itu dikarenakan, Terkes saat ini menjalani pertandingan kompetitif, sehingga kondisi kebugarannya dianggap sudah bagus.

"Terkes tidak menjalani tes dulu karena kebugarannya sudah dianggap bagus. Dia aktif bermain di kompetisi Malaysia," ucap Media Officer Persija, Viola Kurniawati kepada VIVAbola.

"Sebelum pukul 00.00 malam ini, kami pasti sudah mendaftarkan nama Terkes ke PT Liga agar dia bisa langsung dimainkan saat laga ISL berikutnya," sambung dia.

Terkes menjadi pemain asing keempat yang dimiliki oleh Persija Jakarta. Sebelumnya, Persija telah memiliki Fabiano Beltrame, Ivan Bosnjak, dan Rohit Chand.

Baca berita menarik lainnya dengan mengklik tautan ini.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Bursa kerja: Jurus Serangan Udara Hingga Kopi Darat Ala Gita Wirjawan cari kerja