Bursa kerja: Dunia Terpesona Bintang Muda Barca: Munir El Haddadi

Bursa kerja: Dunia Terpesona Bintang Muda Barca: Munir El Haddadi


Dunia Terpesona Bintang Muda Barca: Munir El Haddadi

Posted: 25 Aug 2014 02:20 PM PDT

La Masia kembali menjadi tumpuan, tapi bisa jadi 'buah simalakama'.

Klub

Pemain Barcelona, Munir El Haddadi  

VIVAbola - Bukan nama Lionel Messi atau Andres Iniesta yang menjadi bintang pada laga pertama Barcelona di La Liga akhir pekan kemarin saat menang 3-0 atas Elche. Namun, pemuda 18 tahun yang sukses dapat sorotan.

Nama tersebut adalah penyerang muda Blaugrana, Munir El Haddadi, yang menjalani debutnya di kompetisi level La Liga Spanyol. Kenapa pria yang baru promosi dari Barca B tersebut langsung jadi buah bibir?

Bagaimana tidak. Munir menyumbang satu dari tiga gol gol kemenangan Barcelona, sedangkan dua gol lainnya dicetak Messi. Aksi pemain belia Spanyol berdarah Maroko itu pun menuai pujian dari pelatih, Luis Enrique.

Munir pun diprediksi akan menjadi idola baru di Camp Nou. "Dia sudah naik ke tingkat yang mengagumkan. Dia Memberi kami pilihan di lini depan, dia mencetak gol dan dia kompetitif," kata Enrique dilansir AS.

Umpan terukur Ivan Rakitic mampu dimanfaatkan dengan sempurna oleh Munir, setelah secara cerdik lepas dari jebakan offside pemain Elche dan menceploskan bola dengan sentuhan pertama gunakan sisi luar kaki.

"Saya sangat senang dengan debut, gol dan kerja tim saya," kata El Haddadi dilansir Soccerway.

"Gol ini saya persembahkan untuk orang tua, saudara-saudara dan semua keluarga yang selalu mendukung saya," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, pemain Belia Barca ini juga melayangkan pujian untuk Messi. "Sebuah kebanggaan mencetak gol di Camp Nou, bermain bersama Messi dan semua pemain inti," terang El Haddadi.

Siapa Munir?

Munir lahir di San Lorenzo de El Escorial, Madrid, dan merupakan keturunan Maroko. Bakatnya sudah terlihat sejak usianya masih 14 tahun.

Mencetak 32 gol dalam 29 pertandingan saat bermain untuk CF Rayo Majadahonda dengan status pemain pinjaman dari Atletico Madrid, setelah tampil mengesankan dalam uji coba pada tahun 2010.

Sejumlah klub besar macam Real Madrid dan Manchester City mengejar jasa anak muda tersebut. Namun, Munir memilih masuk akademi Barcelona pada 2011 sebelum 'naik kelas' ke Barcelona B di 2014.

Bakat Munir sendiri sudah terlihat sangat menonjol saat membawa Barcelona jadi juara UEFA Youth League 2014 lalu (Liga Champions untuk tim U-19). Munir tampil apik dengan mencetak 11 gol dari 10 pertandingan, dua diantaranya pada laga final lawan Benfica.

Pada awal 2014, sebenarnya sejumlah klub seperti Arsenal, Paris Saint-Germain dan Bayern Munich sempat dikaitkan dengan Munir. Sebelum akhirnya memperpanjang kontrak dengan Barca sampai Juni 2017 dengan klausul pelepasan mencapai 35 juta Euro.

Kepercayaan Enrique memasangnya pada laga perdana La Liga kemarin terbukti sukses besar. "Luis Enrique seorang pelatih yang terus meminta kami untuk bekerja, bekerja dan bekerja. Itu yang saya lakukan dan terus akan saya lakukan," ujar Munir ingin membalas kepercayaan sang entrenador.

"Buah Simalakama" La Masia

Keberhasilan Munir langsung tampil gemilang di kompetisi Eropa membuat nama La Masia milik Barcelona semakin harum. Akademi milik raksasa Katalan itu sekali lagi menghasilkan pemain yang berhasil mengeluarkan bakat terbaiknya.

Setelah sebelumnya menelurkan nama-nama besar seperti Messi, Iniesta, dan Gerrard Pique, sekarang La Masia terbukti sukses memoles Munir. Tapi, kegemaran Barca 'mengoleksi' bakat-bakat muda dari berbagai belahan dunia juga bisa berimbas fatal.

Salah satu contoh adalah kasus yang sedang melilit Barcelona. Karena dianggap melanggar regulasi perihal kontrak pemain di bawah 18 tahun, Barca pun dijatuhkan sanksi tak boleh aktif dalam dua bursa transfer.

Regulasi yang dilanggar adalah 'Artikel 19', yang membebaskan para pemain usia dini meninggalkan tanah kelahiran mereka jika hanya ada dalam 'tiga situasi'. Blaugrana juga dikenai denda sebesar £305 ribu.

Salah satu pemain yang memunculkan masalah adalah Seung Woo-Lee atau yang dikenal sebagai 'Messi-nya Korea Selatan. Sekarang, Woo-Lee memperkuat Cadet B atau Barca U-14.

FIFA menilai perekrutan Woo Lee oleh Barcelona telah menyalahi aturan. Sesuai regulasi, seorang pemain memang baru boleh dikontrak profesional ketika menginjak usia 18 tahun.

Kebijakan transfer pemain muda seperti ini yang bisa menimbulkan masalah bagi Barcelona di kemudian hari kalau sampai tidak hati-hati. Jangan sampai dijatuhkan sanksi lebih berat dari larangan beli pemain di dua bursa transfer.

Terbukti, petinggi Los Azulgranas sekarang saja sudah dibuat kalang-kabut dengan membawa kasus ini ke Pengadilan Arbitrase Olahraga Internasional (CAS) agar diberi keringanan.

Untuk sementara waktu, produk La Masia masih bisa membuat Barcelona tersenyum dengan hadirnya Munir dalam skuad mereka. Tapi, jangan terlalu terlena sampai akhirnya dituduh gemar lakukan eksploitasi anak saja.

© VIVAbola

BERITA TERKAIT

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Jovetic 2 Gol, ManCity Pecundangi Liverpool

Posted: 25 Aug 2014 02:09 PM PDT

Klub

Stevan Jovetic merayakan gol ke gawang Liverpool (REUTERS/Andrew Yates)

VIVAbola – Manchester City memenangi bigmatch kontra Liverpool dengan skor 3-1 dalam laga lanjutan Premier League, di Etihad Stadium, Selasa dini hari WIB 26 Agustus 2014. Stevan Jovetic tampil gemilang dengan mencetak dua gol untuk ManCity dalam laga ini.

Di babak pertama, The Citizens sudah unggul 1-0 lewat gol Jovetic pada menit ke-41. Jovetic kembali menjebol gawang The Reds pada menit ke-55, sebelum Sergio Aguero yang baru masuk sebagai pemain pengganti juga ikut mencetak gol pada menit ke-69. Sementara The Reds memperkecil kedudukan lewat gol bunuh diri Pablo Zabaleta pada menit ke-83.

ManCity langsung tancap gas ketika memulai babak kedua dengan tanpa membiarkan Liverpool mengembangkan permainan. Gol Daniel Sturridge pada menit ke-48 dianulir wasit, karena striker The Reds itu terlebih dahulu offside.

Tim asuhan Manuel Pellegrini menggandakan keunggulan pada menit ke-55, ketika Samir Nasri mengirim crossing, yang disambut dengan sontekan Jovetic. ManCity memimpin 2-0 atas Liverpool.

Defisit dua gol, The Reds mulai lebih gencar mencari celah menyerang pertahanan tuan rumah. Peluang emas didapat Sturridge pada menit ke-65, namun tendangannya masih diblok kiper ManCity, Joe Hart.

Aguero yang baru masuk ke lapangan menggantikan Dzeko yang cedera langsung memperbesar keunggulan The Citizens menjadi 3-0. Gol bermula dari umpan terobosan Jesus Navas yang disambar Aguero tanpa bisa dijangkau Simon Mignolet.

Liverpool baru bisa memperkecil ketinggalan saat tendangan Rickie Lambert diblok Joe Hart, dan bola rebound mengenai Pablo Zabaleta sehingga menyebabkan bola masuk ke gawang. Skor 3-1 masih untuk keunggulan ManCity. Hingga pertandingan berakhir, The Citizens menang 3-1 atas tamunya, The Reds. 

Susunan pemain:

Manchester City: Joe Hart; Pablo Zabaleta, Gael Clichy, Vincent Kompany, Martin Demichelis; Fernando, Yaya Toure, Samir Nasri, David Silva (Jesus Navas 65), Stevan Jovetic (Fernandinho 80); Edin Dzeko (Sergio Aguero 68).

Liverpool: Simon Mignolet; Glen Johnson, Dejan Lovren, Martin Skrtel, Alberto Moreno; Steven Gerrard, Jordan Henderson, Joe Allen (Emre Can 75), Philippe Coutinho (Lazar Markovic 60), Raheem Sterling (Rickie Lambert 79); Daniel Sturridge.

Lihat berita menarik lainnya di sini

© VIVAbola

BERITA TERKAIT

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Ditanya Soal Courtois, Jawaban Cech Malah Sakiti Fans MU

Posted: 25 Aug 2014 01:36 PM PDT

Kejadian ini terjadi saat sesi tanya jawab di Twitter.

Klub

Pemain Bintang

Thibaut Courtois (kiri) dan Petr Cech (Eurosport)

VIVAbola – Bangku cadangan ternyata membuat Petr Cech lebih sensitif. Terlebih, perihal persaingannya dengan Thibaut Courtois di bawah mistar gawang Chelsea, hal ini terlihat saat kiper asal Rep.Ceko ini melakukan sesi tanya jawab di akun Twitter miliknya.

Di jendela transfer musim panas ini, manajer Jose Mourinho memang memutuskan untuk menarik kembali Courtois ke Stamford Bridge usai dipinjamkan ke Atletico Madrid. Keputusan Mourinho itu lebih dikarenakan ingin adanya regenerasi kiper di Chelsea.

Akhirnya, Courtois langsung menjadi andalan The Blues dan dimainkan langsung pada 2 laga awal Premier League musim ini. Hebatnya, Courtois hanya kebobolan 1 kali dari 2 kemenangan yang diraih oleh Chelsea dalam laga tersebut.

Catatan tersebut, tentunya membuat posisi Cech semakin terpinggirkan dari skuad utama. Salah satu fans Manchester United coba memanfaatkan situasi tersebut, dengan memberikan pertanyaan yang sedikit menyindir.

Akun @UtdBen_ bertanya kepada Cech: @PetrCech bagaimana penampilan teman anda Courtois di gawang Chelsea? "Lebih baik dari penampilan tim yang kamu dukung," jawab Cech yang merujuk kepada penampilan MU di awal musim ini.

Di bawah asuhan Louis van Gaal, MU memang belum meraih kemenangan dari 2 laga Premier League yang telah dilakoninya sejauh ini. Kemudian, akun @UtdBen_ membalas dengan mengatakan bahwa jawaban dari Cech sangat menyakitkan.

"@UtdBen_ Saya pikir kamu menyukai olok-olok," jawab Cech kembali dengan santai. Kiper berusia 32 tahun lantas menulis kicauan yang menyatakan banyak orang-orang yang mengirim pesan untuk mengejeknya, namun ketika dijawab dengan cara yang sama, malah banyak yang tersinggung dan tidak menerimanya. (ita)

© VIVAbola

BERITA TERKAIT

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Bursa kerja: Dunia Terpesona Bintang Muda Barca: Munir El Haddadi cari kerja