Bursa kerja: Barcelona dalam Krisis

Bursa kerja: Barcelona dalam Krisis


Barcelona dalam Krisis

Posted: 03 Mar 2013 03:01 PM PST

Barcelona mengalami 3 kekalahan dalam laga krusial.

Klub

Lionel Messi dan Xavi Hernandez (REUTERS/Tony Gentile)

VIVAbola - Hasil mengecewakan kembali dipetik Barcelona. Bertandang ke Santiago Bernabeu dalam lanjutan La Liga, Blaugrana tumbang 1-2 dari tuan rumah Real Madrid, Sabtu malam kemarin. Meski mendominasi laga, Barca tampak kesulitan membongkar pertahan solid Madrid.

Madrid bahkan mampu unggul cepat saat laga baru berjalan enam menit melalui gol yang dicetak Karim Benzema. Gol penyeimbang Lionel Messi di menit 18 tidak berarti apa-apa setelah sundulan Sergio Ramos di menit 82 membuat laga berkesudahan 2-1 untuk kemenangan Los Blancos.

Nasib buruk Barca semakin bertambah setelah kiper andalan mereka, Victor Valdes diusir wasit karena melakukan protes berlebihan. Valdes yang juga kapten Barca di laga itu merasa kecewa dengan keputusan wasit yang tidak memberikan hadiah penalti di penghujung laga.

Tiga Kekalahan di Laga Krusial
Kekalahan akhir pekan lalu membuat Barca gagal menjaga jarak di klasemen La Liga. Kini Barca hanya unggul 12 poin dari Atletico Madrid dan 13 poin dari Real Madrid. Meski masih unggul jauh dari kedua rival mereka, bukan tidak mungkin rangkaian kekalahan yang diterima sebelumnya bisa merusak mental mereka di sisa kompetisi.

Pasalnya pertengahan pekan lalu, Barca juga menelan kekalahan dari lawan yang sama, Real Madrid. Saat itu keduanya berduel di leg kedua semifinal Copa del Rey. Barca takluk 1-3 dari Madrid di Camp Nou. Kekalahan ini membuat langkah Barca terhenti setelah kalah agregat 2-4 (di laga leg pertama keduanya bermain imbang 1-1).

Dua pekan sebelumnya, Barca juga menelan hasil mengecewakan. Berstatus sebagai unggulan, Andres Iniesta dan kawan-kawan secara mengejutkan tumbang 0-2 dari AC Milan di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Dua gol Milan dibukukan Kevin Prince-Boateng dan Sulley Muntari.

Di ketiga pertandingan tersebut, Barca seperti biasa selalu mampu mengendalikan jalannya permainan. Namun upaya mereka mencetak gol selalu terbentu pertahanan para lawan yang tampak sudah mengenali karakter permainan Barca yang mengandalkan umpan pendek cepat.

Barcelona dalam Krisis?
Rangkaian hasil buruk yang diterima membuat sejumlag pihak menilai Barcelona sedang dalam krisis. Namun anggapan itu langsung dibantah pelatih sementara Barcelona, Jordi Roura. Dia juga menepis anggapan kekalahan ini karena faktor kelelahan yang menghinggapi penggawa Barca.

"Kami bermain baik dan bekerja keras sepanjang pertandingan. Kami memainkan beberapa pertandingan dalam beberapa hari terakhir. Tapi saya tidak berpikir kekalahan ini karena faktor fisik," kata Roura seperti dilansir Tribal Football.

"Dalam sebuah pertandingan ada menang dan kalah. Tapi kami mampu mengendalikan permainan. Sulit untuk menghadapi lawan yang sama dalam beberapa hari, meski di ajang yang berbeda. Ini situasi yang rumit, dan selalu seperti itu jika berlaga di Bernabeu," lanjutnya.

"Dominasi penguasaan bola kala melawan Madrid sangat penting karena mereka mencoba memanfaatkan kesalahan kami. Kami terus mencoba mengontrol jalannnya pertandingan. Dan kami sudah melakukannya. Kami juga memiliki peluang menang," lanjutnya.

Namun pernyataan berbeda disampaikan kreator serangan Barca, Iniesta yang mengatakan timnya sedang "dalam krisis" yang disebabkan absennya pelatih kepala, Tito Vilanova. Ketidakmampuan Roura menggantikan peran Volanova sementara dituding sebagai salah satu penyebab menurunnya performa Barca.

Dalam beberapa pekan terakhir, Barca memang harus melakoni sejumlah laga penting tanpa kehadiran Vilanova. Suksesor Pep Guardiola itu harus menjalani pengobatan kanker getah bening yang dideritanya. Sang entrenador kini tengah berada di New York untuk pemulihan pasca operasi.

"Jika saya mengatakan tidak adanya Tito tidak mempengaruhi kami maka itu bohong. Tidak normal atau logis saat kehilangan figur pelatih kepala. Mudah-mudahan saat dia kembali kami masih di Liga Champions dan memimpin klasemen liga," tambah gelandang 28 tahun itu.

Dukungan Penuh Manajemen Barca kepada Roura
Di tengah situasi yang tidak menguntungkan ini, Barca akan kembali mendapat ujian pada pertengahan pekan depan saat menjamu Milan di leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Camp Nou. Sebelumnya, Barca juga akan melawan Deportivo La Coruna di ajang La Liga akhir pekan ini.

Meski kredibilitas Roura kini dipertanyakan, namun manajemen Barca belum terlihat menggantikan Roura. Presiden Barca, Sandro Rosell juga membantah pihaknya terlalu berharap agar Vilanova segera kembali menukangi Barcelona.

"Kami merindukan dia sebagai seorang pribadi dan profesional. Tapi kesehatannya paling penting. Itu prioritas kami karena itu Roura akan terus memimpin tim utama karena kami tetap punya keyakinan besar kepadanya," kata Rosell dilansir ESPN.

Layak disimak bagaimana Barcelona mampu keluar dari situasi buruk seperti ini. Dan bagaimana Roura meramu strategi demi mengangkat performa timnya. Seperti diketahui, selain karena faktor absennya Vilanova, banyak pula yang beranggapan jika titik lemah Barca sudah bisa terbaca oleh para lawan mereka.

• VIVAbola   |   Share :  

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Eyes Like Blank Discs - The Guardian's Steven Poole On George Orwell's Politics And The English Language.

Rekor 225 Gol Tanda Cinta Totti untuk AS Roma

Posted: 03 Mar 2013 02:50 PM PST

Totti menyamai rekor gol Gunnar Nordahl di Serie A.

Klub

Francesco Totti (REUTERS/Alessandro Bianchi)

VIVAbola - Kapten AS Roma, Francesco Totti mencatat rekor saat menghadapi Genoa dalam lanjutan Serie A, Minggu 3 Maret 2013 (Senin dini hari WIB). Torehan satu gol pemain 36 tahun ini sukses menyamai rekor Gunnar Nordahl di urutan kedua top scorer Serie A sepanjang masa.

Bertanding di Stadion Olimpico, Totti membuka keran gol menit 16 lewat titik penalti. Dia juga menyumbangkan assist untuk 2 gol Roma lainnya. Giallorossi pun menang 3-1.

"Saya begitu menginginkan gol ini dan saya mendapatkannya di hadapan pendukung Roma," ujar Totti pada Sky Sport Italia.

"Saya sangat senang dengan pencapaian penting ini. Ini adalah tanda cinta saya untuk jersey Roma," tegasnya.

Roma merupakan satu-satunya klub yang diperkuat Totti sejak ia melakoni karier profesional pada 1992. Dia telah mencetak 225 gol dari 525 pertandingan di Serie A. Di semua ajang, Totti telah menyumbangkan 280 gol dari 666 penampilan.

• VIVAbola   |   Share :  

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Eyes Like Blank Discs - The Guardian's Steven Poole On George Orwell's Politics And The English Language.

Cederanya Ismed dan Kartu Merah Fabiano Buat Persija Limbung

Posted: 03 Mar 2013 02:41 PM PST

Persija Jakarta harus kalah 1-3 dari Persib Bandung.

Klub

Duel Persib vs Persija (Yadi (Bandung))

VIVAbola - Persija Jakarta harus mengalami kekalahan saat menghadapi Persib Bandung dalam lanjutan Indonesia Super League, Minggu 3 Maret 2013. Bertanding di Stadion Si Jalak Harupat, Macan Kemayoran kalah 1-3.

Persija sebenernya sanggup mengimbangai permainan Persib. Namun cederanya Ismed Sofyan pada menit ke-30 membuat permainan Macan Kemayoran limbung.

Saat tengah mengejar ketertinggalan, Fabiano Beltrame justru harus diusir wasit menit 71 karena mendapat kartu kuning kedua. Hal ini yang disesali asisten pelatih Persija, Sudirman.

"Momentum kejatuhan Persija saat Ismed Sofyan ditarik karena cedera ditambah Fabiano yang terkena kartu kuning kedua. Ini membuat semuanya berantakan. Persib mampu memanfaatkan dengan baik situasi ini," kata Sudirman.

"Proses pemulihan Ismed mungkin dua hari. Tapi kami harus melihatnya kali," kata pelaih Iwan Setiawan, menambahkan.

Sergio Van Dijk tampil sebagai bintang kemenangan Maung Bandung lewat dua golnya. Satu lagi gol tuan rumah diciptakan oleh Kenji Adachihara. Sedangkan gol balasan Persija dicetak oleh tendangan penalti Pedro Javier menit 48.

"Persib jauh lebih unggul apalagi dengan Sergio Van Dijk. Dia pemain hebat. Beruntunglah Persib bisa punya pemain seperti dia," ujar Ketua Umum Persija, Ferry Paulus.

• VIVAbola   |   Share :  

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Eyes Like Blank Discs - The Guardian's Steven Poole On George Orwell's Politics And The English Language.

Bursa kerja: Barcelona dalam Krisis cari kerja