Bursa kerja: Pertarungan 4 Klub untuk Lolos Degradasi

Bursa kerja: Pertarungan 4 Klub untuk Lolos Degradasi


Pertarungan 4 Klub untuk Lolos Degradasi

Posted: 10 Sep 2013 03:01 PM PDT

Ada potensi "saling bunuh" 4 klub papan bawah ISL di laga terakhir.

Klub

Berita Terkait

Persita Tangerang (ungu) (VIVAnews/Yadi)

VIVAbola - Gelar juara Indonesia Super League (ISL) akhirnya bisa dipertahankan Persipura Jayapura. Tim berjuluk Mutiara Hitam tidak menunggu kompetisi berakhir untuk memastikan gelar juara. Melainkan saat kompetisi masih menyisakan empat laga.

Persipura memastikan gelar juara saat menaklukkan Persiwa Wamena 2-0 di pekan ke-30 ISL pada 31 Juli silam. Kemenangan ini membuat raihan total poin Persipura tidak terkejar dengan tim di posisi kedua, Arema Malang dan tim di posisi ketiga, Persib. 

Dengan status juara Persipura, persaingan dianggap sudah di papan atas klasemen sudah berakhir. Namun tidak bagi persaingan di posisi bawah. Sejumlah tim harus bertarung hidup mati demi bertahan di ISL yang merupakan kompetisi kasta tertinggi di Indonesia.
 
PSPS Pekanbaru dan Persidafon Dafonsoro sudah dipastikan tersingkir setelah menempati dua posisi terbawah. Sementara empat klub, Persita Tangerang, Persiba Balikpapan, Pelita Bandung Raya (PBR) dan Persiwa Wamena akan bertarung sengit untuk lolos dari zona degradasi.

Persita Tangerang sejauh ini menduduki posisi paling baik dari tiga tim lainnya dengan duduk di urutan 13 setelah mengantongi 35 poin. Hanya saja posisi Persita masih riskan karena hanya unggul selisih poin tipis dari Persiba, PBR dan Persiwa.

Persiba untuk sementara berada di posisi 14 dengan 34 poin. PBR menempati posisi 15 dengan 33 poin dan Persiwa di posisi 16 dengan 30 poin. Tak pelak Kemenangan menjadi harga mati bagi keempat klub jika masih ingin tampil di ISL musim depan.

ISL memberikan aturan tiga tim terbawah (posisi 16, 17, 18) otomatis degradasi dan tim terbawah keempat (posisi 15) harus melakoni play off dengan tim posisi kempat Divisi Utama. Alhasil dua laga tersisa ISL bakal menjadi pertarungan hidup dan mati bagi keempat tim.

Mengintip Peluang 4 Klub
Target memetik kemenangan di dua laga tersisa bakal menjadi misi berat bagi Persita. Pasalnya lawan pertama yang sudah menanti adalah Persipura. Meski sudah berstatus juara, Persipura disinyalir tetap mengincar poin penuh.

Sementara di laga terakhir, Persita bakal menghadapi Persiwa yang sama-sama berusaha lolos dari zona degradasi. Perjuangan semakin berat karena dalam dua pertandingan tersisa, Persita berstatus sebagai tamu.

Persiba juga berada dalam situasi yang tidak kalah berat. Dua lawan Persiba adalah tim peringkat lima klasemen ISL, Sriwijaya FC dan PBR yang sedang berjuang lolos degradasi. Hanya saja Persiba diuntungkan karena di dua laga ini berstatus sebagai tuan rumah.

Sedangkan lawan lebih mudah akan dihadapi PBR di dua laga sisa. Di laga pertama, PBR akan melawan Barito Putera dan dilanjutkan menghadapi Persiba. Namun dua laga ini berstatus laga tandang bagi PBR dan bakal mendapat tekanan dari suporter tuan rumah.

Sementara Persiwa terbilang bakal menghadapi dua lawan sulit. Pertama menjamu tim kuat asal Bandung penghuni posisi tiga klasemen, Persib. Dilanjutkan menjamu Persita yang coba menjauh dari zona degradasi.

Berikut ini jadwal pertandingan empat tim seperti dikutip dari situs resmi Liga Indonesia:
Persita Tangerang
Persipura Vs Persita                     15 September 2013
Persiwa Vs Persita                       18 September 2013

Persiba Balikpapan
Persiba Vs Sriwijaya FC                15 September 2013
Persiba Vs Pelita Bandung Raya    18 September 2013

Pelita Bandung Raya (PBR)
Barito Putera Vs PBR                    15 September 2013
Persiba vs PBR                             18 September 2013

Persiwa Wamena

Persiwa Vs Persib                         15 September 2013
Persiwa Vs Persita                        18 September 2013

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:

Bale Kebanjiran Fans, Wales Dipaksa Perketat Keamanan

Posted: 10 Sep 2013 02:51 PM PDT

Hal ini dipicu konfrontasi dua suporter saat lawan Macedonia.

Klub

Pemain Bintang

Berita Terkait

Pemain Wales, Gareth Bale (REUTERS/Rebecca Naden)

VIVAbola - Kehadiran Gareth Bale di tim nasional Wales membuat asosiasi sepakbola negara Britania Raya tersebut menambah keamanan bagi skuadnya.

Bale kemungkinan besar tidak akan bermain menghadapi Serbia dalam Pra Piala Dunia 2014 hari Selasa, 10 September 2013. Tapi penjagaan ketat sudah dilakukan untuk mencegah ada masalah.

Hal ini dipicu oleh kejadian di laga melawan Macedonia pada hari Jumat lalu, dimana Bale dikonfrontasi oleh dua suporter saat melakukan pemanasan di jeda laga.

Sekarang FAW pun memilih untuk memperketat penjagaan di sekitar dan di dalam hotel tim. Mereka pun sampai meninjau ulang rencana soal laga di Cardiff City Stadium nanti.

Pelatih Wales, Chris Coleman, mengakui bahwa dirinya tidak terbiasa dengan hal seperti ini. Tapi menegaskan dirinya harus mulai beradaptasi dengan situasi tersebut.

"Gareth juga begitu (belum terbiasa), kami semua juga begitu. Tapi selalu saja ada orang yang ingin melihatnya dan dapat tanda tangan. Jadi kami mengetatkan semuanya," tutur Coleman pada BBC.

"Itu adalah sesuatu yang harus kami hadapi. Saya lebih suka ada masalah itu daripada tidak, karena berarti dia akan bermain untuk saya. Tapi itu memang memunculkan masalah," lanjutnya.

Sayang, Wales harus kalah telak 0-3 pada laga melawan Serbia tersebut. Gareth Bale masuk pada menit ke-58 namun tidak mampu memberikan gol untuk timnya. Wales pun masih terpuruk di posisi buncit Grup A.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:

Kuota Pemain Asing di Indonesia Bakal Dikurangi?

Posted: 10 Sep 2013 02:37 PM PDT

Saat ini, tim-tim ISL diperkuat 5 pemain asing.

Rabu, 11 September 2013, 04:37 WIB

Marco Tampubolon, Satria Permana

Berita Terkait

Striker asing Persija, Emmanuel Kenmogne (ligaindonesia.co.id)

VIVAbola - Jelang berakhirnya kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) musim 2012-13, wacana mengenai pengurangan kuota pemain asing segera diputuskan. Menurut CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono, finalisasinya akan ditentukan lewat rapat Exco PSSI pada akhir September 2013.

Saat ini, liga tertinggi di Indonesia ini masih mengizinkan setiap tim merekrut lima pemain asing. Dua berasal dari kawasan Asia, sedangkan tiga lainnya bebas dari negara manapun di luar Asia.

Serbuan pemain impor tersebut tentu saja membuat pemain lokal sering kehilangan tempat di tim inti. Klub-klub yang sudah membayar mahal pilih menurunkan pemain asing dibanding lokal.

Untuk posisi striker contohnya. Beberapa klub lebih senang memasang punggawa asing di sektor vital tersebut. Dampaknya mulai terasa. Timnas U-23 kesulitan untuk mencari striker.

Joko mengatakan bahwa wacana pengurangan pemain asing sudah sempat dibicarakan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Liga Indonesia beberapa waktu lalu. Rencananya, kuota pemain impor akan dikurangi dari lima menjadi tiga pemain saja.

"Ada wacana seperti itu (mengurangi pemain asing), tapi masih dibahas. Rencananya, kami akan membatasi kuotanya menjadi tiga," kata Joko kepada VIVAbola, Selasa, 10 September 2013.

"Tapi, ini masih wacana. Rumusannya memang sudah masuk beberapa waktu lalu saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Keputusan baru keluar saat rapat Exco akhir September nanti," bebernya. (one)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:

Bursa kerja: Pertarungan 4 Klub untuk Lolos Degradasi cari kerja