Bursa kerja: TNI AL: Kapal Perang China Kantongi Izin Latihan di Selatan Jawa

Bursa kerja: TNI AL: Kapal Perang China Kantongi Izin Latihan di Selatan Jawa


TNI AL: Kapal Perang China Kantongi Izin Latihan di Selatan Jawa

Posted: 14 Feb 2014 03:32 PM PST

VIVAnews – Kapal-kapal perang China menggelar latihan di dekat perairan Indonesia, sebelah selatan lepas pantai Pulau Jawa. Lokasi ini juga berada dekat Pulau Christmas yang merupakan milik Australia. Latihan yang digelar China itu diintai seksama oleh Australia.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut, Laksamana Pertama Untung Suropati, mengatakan latihan tiga kapal perang China itu telah diketahui oleh pemerintah Republik Indonesia. China meminta izin kepada atase pertahanan Kedutaan Besar RI di Beijing.

"Tak ada yang salah dengan latihan simulasi perang yang digelar AL China," kata Untung kepada VIVAnews, Jumat 14 Februari 2014. Salah satu latihan meliputi cara mengatasi perompakan.

Untung mengatakan, berdasarkan pemantauan instansinya, AL China taat prosedur saat melintasi perairan Indonesia. "Mereka melewati perairan Alur Kepulauan Indonesia (ALKI) 1 dengan rute dari Laut China Selatan, Laut Natuna, Selat Karimata, Laut Jawa, Selat Sunda, lalu terakhir menuju Samudera Hindia," kata dia.

Untuk rute pulang, ketiga kapal perang China itu akan melalui ALKI 2, yakni Selat Lombok, Selat Makassar, Laut Sulawesi, Laut Sawu, Laut China Selatan, dan kembali ke pangkalan mereka di Kota Hainan, China.

Untung menyatakan, tiga kapal perang China tersebut berlatih secara legal karena masih berada di perairan internasional. Selain itu, saat melewati perairan Indonesia, kapal-kapal itu menujukkan itikad damai tanpa bermusuhan. 

Menurut Untung, AL dari negara manapun berhak untuk memproyeksikan kekuatannya di laut internasional. "Sepanjang mereka memiliki kekuatan AL tingkat dunia atau disebut Blue Water Navy," kata dia.

AL yang masuk kategori ini antara lain Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis. Sementara itu, China sedang menuju tahapan Blue Water Navy.

Harian Australia, Brisbane Times, sebelumnya mengutip sumber di kalangan pengamat militer Australia yang menyebut langkah terbaru China tersebut menunjukkan makin percaya diri militer mereka di tengah sengketa teritorial dengan sejumlah negara di Laut China Selatan dan Laut China Timur. (one)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Meski Raih Hasil Seri, Indra Sjafri Puji Perkembangan Timnas U-19

Posted: 14 Feb 2014 03:24 PM PST

Kreativitas lini depan mulai terlihat.

Berita Terkait

Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVAbola - Timnas Indonesia U-19 baru saja meraih hasil seri perdana mereka di lima laga terakhir yang dijalani dalam Tur Nusantara. Meski begitu, pelatih Indra Sjafri mengaku puas dengan perkembangan yang ditunjukkan anak-anak asuhnya.

Di laga kelima Tur Nusantara, melawan PSIS Semarang, Jumat 14 Februari 2014, Timnas U-19 hanya mampu bermain imbang 1-1. Ini adalah kali pertama Pasukan Garuda Jaya gagal meraih kemenangan.

Pada pertandingan tersebut, Timnas U-19 mampu mendominasi permainan. Mereka terus mengurung pertahanan PSIS. Namun, rapatnya barisan pertahanan Mahesa jenar membuat mereka sedikit kesulitan untuk mencetak angka.

Timnas U-19 baru mampu menciptakan gol pada menit 62. Kali ini, bukan melalui skema umpan tarik. Evan Dimas cs menciptakan gol lewat permainan umpan terobosan yang menusuk ke jantung pertahanan PSIS. 

Muchlis Hadi Ning yang lolos jebakan offside dan menerima umpan itu, langsung mengirimkan umpan ke sisi kanan pertahanan PSIS. Dan akhirnya, Ilham Udin Armaiyn yang berdiri bebas mampu membobol gawang PSIS.

Selain mampu mencetak gol lewat skema yang berbeda dari laga-laga sebelumnya, performa para striker Timnas U-19 juga dianggap Indra mengalami peningkatan. "Sudah mulai berani melakukan improvisasi dalam melakukan penyelesaian akhir di depan," puji Indra.

Sayangnya, setelah unggul satu gol, konsentrasi Timnas U-19 sedikit buyar. PSIS mampu menyamakan kedudukan lewat kesalahan dari bek mereka, Sahrul Kurniawan.

"Kali ini, Timnas U-19 mendapatkan perlawanan yang berbeda, saling menyerang dan bertahan. Kami suka dengan situasi itu. Penonton di stadion juga luar biasa. Mereka mampu memberikan suasana yang berbeda," kata pelatih 51 tahun tersebut.

Baca berita menarik lainnya dengan mengklik tautan ini.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Bagaimana Menghindari Bahaya Abu Vulkanik

Posted: 14 Feb 2014 03:11 PM PST

VIVAnews - Setelah tidur selama tujuh tahun, Gunung Kelud bangun dan "mengamuk" Kamis malam, 13 Februari 2014, pukul 22.50 WIB. Letusan masih terus terjadi hingga Jumat dini hari, 14 Februari 2014.

Kelud yang berada di tiga kabupaten di Jawa Timur, yakni Kediri, Blitar, dan Malang, menyemburkan kerikil dan debu di kota-kota itu. Suara dentuman terdengar hingga Yogyakarta dan Solo.

Di kota Kediri yang jaraknya lebih kurang 37 km, terjadi hujan kerikil. Sedangkan Kota Tulungagung debu menyebar sangat tebal. Jarak pandang Jalan Raya Kediri-Tulungagung hanya 15 meter. Warga di sekitar Kelud diminta mengosongkan wilayah dengan radius 10 km dari Kelud.

Jalan-jalan utama di Kota Kediri menjadi lautan pasir hasil letusan Gunung Kelud. Ketebalan pasir 5 cm hingga 10 cm. 

Menurut Ketua Umum Ikatan Ahli Geologi Indonesia ( IAGI), Rovicky DP dalam blognya, secara geologis, abu vulkanik adalah material batuan vulkanik yang berasal dari magma panas dan cair yang membeku secara cepat. Batuan beku sejatinya kumpulan mineral yang membeku dan mengkristal dari magma cair. 

Karena membeku cepat maka magma ini tidak sempat mengkristal dengan baik, dan karena tidak mengkristal dalam geologi material bekuannya disebut gelas.

Bentuknya yang runcing membuat material ini dapat mengganggu kesehatan. Masyarakat perlu berhati-hati bila debu masuk ke mata. "Pakai masker dan kalau masuk ke mata jangan dikucek," kata Rovicky.

Rovicky mengimbau masyarakat pengguna contact lens tidak menggunakannya dahulu. Hal ini untuk menghindari abrasive dari kornea mata. 

"Gunakan kacamata yang lebih menutup supaya jangan sampai kelilipan," ujarnya.

Untuk menghindari kerusakan pada barang dari debu vulkanik, Rovicky menyarankan agar diberikan penutup. Hal ini berlaku juga pada kendaraan dan barang-barang yang mengkilap lainnya. 

Seandainya abu ini terkena bahan-bahan yang mengkilap termasuk kacamata, sebaiknya jangan langsung dilap, tetapi guyurlah dengan air segera. "Gelas ini kalau dilap akan berfungsi seperti amplas," katanya. (umi)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Bursa kerja: TNI AL: Kapal Perang China Kantongi Izin Latihan di Selatan Jawa cari kerja