Bursa kerja: 29-12-1890: Pembantaian atas Suku Indian Sioux di AS

Bursa kerja: 29-12-1890: Pembantaian atas Suku Indian Sioux di AS


29-12-1890: Pembantaian atas Suku Indian Sioux di AS

Posted: 28 Dec 2012 03:01 PM PST

VIVAnews - Pada 122 tahun yang lalu, tahap akhir perang berkepanjangan antara pasukan kavaleri AS dan penduduk suku Indian memunculkan tragedi pilu. Militer AS membantai 146 warga suku Indian Sioux di wilayah Wounded Knee di kawasan reservasi Pine Ridge, negara bagian South Dakota.

Menurut The History Channel, pembantaian ini dilatarbelakangi kekhawatiran pemerintah AS atas meningkatnya pengaruh suatu gerakan spiritual Sioux di Pine Ridge, yaitu "Tari Hantu." Gerakan ini menyatakan kepada bangsa suku Indian bahwa mereka telah dikalahkan dan dikurung di tempat-tempat reservasi, setelah membuat marah para dewa dengan mengabaikan tradisi leluhur.

Banyak warga Sioux saat itu yakin bahwa bila mereka mempraktikkan Tari Hantu dan menolak kebiasaan kaum pendatang kulit putih, para dewa akan menciptakan dunia dengan suasana yang baru, sekaligus menghancurkan para kaum yang tidak percaya, termasuk yang bukan dari suku Indian.

Demi mengatasi gerakan Tari Hantu, pada 15 Desember 1890, polisi kawasan reservasi berupaya menangkap Sitting Bull, yaitu panggilan bagi kepala suku Sioux yang terkemuka. Dia secara sembarangan dituduh sebagai pemimpin Tari Hantu sehingga dibunuh. Pembunuhan inilah yang membuat marah kaum Indian, sehingga suasana di Pine Ridge menjadi tegang.

Pada 29 Desember 1890, militer AS mengerahkan pasukan Kavaleri ke-7 untuk mengepung para pengikut Tari Hantu di bawah pimpinan kepala suku Sioux lainnya, yaitu Big Foot. Pengepungan berlangsung di suatu daerah bernama Wounded Knee Creek.

Pasukan Kavaleri AS saat itu menuntut para warga Sioux menyerahkan senjata mereka. Suasana tegang berkembang menjadi kekerasan dan, entah dari mana, muncul tembakan. Tak lama kemudian, pasukan AS langsung memuntahkan peluru ke arah penduduk Sioux.

Hampir 150 orang tewas dan nyaris setengah dari mereka adalah perempuan dan anak-anak. Pasukan Kavaleri AS sendiri hanya kehilangan nyawa 25 tentara.

Konflik di Wounded Knee tadinya hanya dianggap sebagai pertempuran biasa. Namun, setelah ditelusuri, peristiwa itu lebih tepat disebut pembantaian yang tragis dan seharusnya bisa dicegah, serta ini menjadi perdebatan para sejarawan di AS.

Ada yang menyatakan bahwa Kepala Suku Sioux, Big Foot, kecil kemungkinan rela menyerahkan diri. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa pembantaian ini kemungkinan aksi balas dendam pasukan Kavaleri ke-7 setelah mereka sempat kalah dari suku Indian dalam pertempuran di Little Bighorn pada 1876.

Masih belum dipastikan pendapat mana yang benar. Namun, akibat pembantaian itu, berakhir pula gerakan Tari Hantu dan tragedi tersebut juga menjadi kontak senjata besar terakhir dalam perang antara pasukan AS dengan suku Indian.

Konflik berdarah muncul lagi pada Februari 1973 di Wounded Knee. Saat itu, para aktivis kelompok American Indian Movement memprotes buruknya perlakuan pemerintah AS kepada para warga keturunan suku Indian.

Bentrok antara para aktivis dan pihak keamanan menyebabkan dua warga Indian tewas, sedangkan seorang polisi federal luka parah serta beberapa orang ditangkap. (art)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Gosip Panas Serang Madrid dan Barcelona

Posted: 28 Dec 2012 03:00 PM PST

Dari keinginan CR7 kembali ke MU hingga niat hengkang David Villa.

Klub

Lionel Messi (kiri) dengan Cristiano Ronaldo (MARCA)

VIVAbola - Saat ini kompetisi La Liga Spanyol tengah memasuki jeda musim dingin. Namun kedua raksasa La Liga, Real Madrid dan Barcelona tetap harus waspada. Sebab mereka justru 'diserang' gosip dari berbagai penjuru.

Dari kubu Los Blancos, sempat berhembus kabar Marcelo Lippi akan menggantikan posisi Jose Mourinho. Pihak Madrid mengambil langkah itu setelah presiden klub, Florentino Perez, mendapat masukan dari mantan anak asuh Lippi di Juventus yang juga legenda Madrid, Zinedine Zidane.

Beruntung, kabar tersebut langsung dimentahkan oleh Lippi. Pelatih veteran Italia itu menegaskan masih senang melatih di China bersama Guangzhou Evergrande.

"Pergi ke Real Madrid setelah nasihat dari Zidane? Itu tidak benar. Bukannya saya tidak senang dihubungkan dengan klub sepenting Madrid, tapi kabar itu tidak benar," ujar Lippi seperti dilansir Sky Sports.

Rumor tak sedap yang menimpa kubu El Real bukan hanya mengenai Mourinho. Megabintang mereka, Cristiano Ronaldo juga diterpa isu miring. CR7 dikabarkan akan kembali ke klub lamanya, Manchester United.

Seperti dilansir The Sun, keinginan hengkang Ronaldo tidak terlepas dari permintaan naik gajinya yang tidak dituruti oleh manajemen Los Blancos.

Kabarnya, kubu Madrid membanderol Ronaldo dengan nilai £122 juta. Namun, Setan Merah disinyalir bakal merogoh kocek hingga £272 juta untuk bisa membawa pulang Ronaldo. Angka itu termasuk £150 juta yang merupakan gaji Ronaldo di Madrid.

Sampai saat ini belum ada komentar Ronaldo terkait isu ini. Namun kontrak pemain timnas Portugal ini akan habis 2 tahun lagi. Pemain 27 tahun ini juga sempat menyatakan tak bahagia bersama Los Blancos pada bulan September lalu.

Menanggapi rumor kencang mengenai Ronaldo, bek Madrid, Raul Albiol ikut angkat suara. "Saya tidak tahu apakah dia akan memperpanjang kontraknya atau tidak, tapi Cristiano Ronaldo adalah pemain terbaik dunia. Dan kami ingin dia bersama kami selama mungkin," tegas Albiol, seperti dilansir Marca.

Rumor Messi dan Villa Serang Barcelona

Jika Madrid digoyang oleh isu Lippi dan Ronaldo, Barca diganggu dengan isu mengenai dua penyerang mereka, David Villa dan Lionel Messi.

Villa dikabarkan akan meninggalkan Barcelona di bulan Januari mendatang. Pemain berjuluk El Guaje ini kesulitan mendapat tempat utama sejak pulih dari cedera patah tulang kering.
David Villa & Lionel Messi
Chelsea, Juventus sampai Swansea City kabarnya siap menampung eks penyerang Valencia ini. Chelsea menjadi klub terdepan untuk mendapatkan Villa karena saat ini hanya memiliki Fernando Torres sebagai striker murni.

Gelandang Chelsea, Oriol Romeu sangat senang jika Villa benar-benar bisa bergabung ke Stamford Bridge.

"Saya tidak tahu situasi Villa, tapi jika pemain luar biasa seperti dia akan datang maka ia akan diterima dan kami akan senang. Dia pemegang rekor gol terbanyak di Timnas Spanyol," ujar Romeu pada Esporte Cope.

Sebaliknya kabar ini disambut dengan penuh kekhawatiran oleh gelandang Barca, Andres Iniesta.

"Saya tak tahu mengenai kemungkinan itu. Saya tak tahu apakah itu akan terjadi. Secara pribadi saya khawatir karena Villa adalah pemain kunci," kata Iniesta seperti dilansir Soccerway.

Gosip miring juga sempat menerpa mega bintang mereka, Lionel Messi. Barcelona dikabarkan mendapat tawaran dari transfer dari klub Rusia sebesar £205 juta (setara Rp3,1 triliun) untuk mendapatkan Lionel Messi. Klub itu siap menggaji Messi £24 juta (setara Rp373 miliar) per tahun.

Kabar tersebut diungkapkan media asal Spanyol, El Mundo Deportivo. Kemungkinan klub yang dimaksud adalah Anzhi Makhachkala. Beruntung, Messi ternyata menolak tawaran menggiurkan tersebut.

Gosip panas sepertinya akan terus menyerang kedua raksasa La Liga itu sebelum kembali bertanding pada 6 Januari 2013. Real Madrid akan menjamu Real Sociedad, sedangkan Barcelona akan melakoni Derby Catalan menghadapi Espanyol.

Barca kini masih kokoh di puncak klasemen La Liga dengan 49 poin dari 17 pertandingan. Madrid tertinggal 16 poin dari Barca. Mereka masih tertahan di peringkat ketiga, dengan torehan 33 poin.


• VIVAbola   |   Share :  

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Kilas 2012: Skandal Model Nyaris Bugil di Pameran Otomotif

Posted: 28 Dec 2012 02:50 PM PST

VIVAnews – Perhelatan pameran otomotif tak pernah lepas dari wanita. Mereka biasanya berperan sebagai model untuk menarik minat pengunjung. Wajah rupawan dengan balutan baju seksi jadi 'senjata' andalannya.

Tapi belakangan, keberadaan mereka makin di luar batas norma sopan santun.

Di China misalnya, keberadaan pameran otomotif kerap dimanfaatkan pabrikan mobil untuk menarik perhatian dengan menggunakan jasa wanita yang berpose 'menantang'.

Dilansir Jalopnik, Jumat 28 Desember 2012, pameran otomotif di China terlihat bukan seperti pameran kendaraan melainkan 'pameran dada' bahkan terkadang nyaris telanjang.

Seperti yang dilakukan seorang model wanita yang dipekerjakan Kia Motors di Chengdu Motor Show 2012. Gadis yang tampil dengan baju bergaya jaring ikan ini dianggap melanggar moral dan norma kesopanan.

Media-media di China pun mengkritik dengan mengatakan produsen kendaraan telah menjual 'daging', bukan mesin. Bahkan, tak semua orang senang dengan aksi model yang dikenal bernama Yan Yu itu.

Walau banyak pria yang berkerumun untuk memotret dirinya dengan kamera digital, sebagian justru mengaku terkejut. Yan Yu sendiri diketahui sempat menjuarai Miss Asia Beauty Contest 2011 di China.

Tak heran Yan Yu menjadi incaran banyak produsen kendaraan sebagai media promosi di pameran otomotif.

Kasus kontroversi Yan Yu bukanlah yang pertama. Pada Beijing International Automotive Exhebition 2012 (23 April – 2 Mei) media juga mengkritik keberadaan para model yang berbusana jauh dari kesan sopan.

Publik China menyebut Beijing Show sebagai "pameran dada" ketimbang perhelatan otomotif, kata Global Times.

Dari sekian banyak model yang menampilkan lekuk tubuh seksi, aksi model bernama Gang Lulu dianggap yang paling seronok. Gang Lulu memang populer di China karena bisa menjadi model untuk foto pakaian dalam yang berani pose telanjang.

Selain itu, penampilan Li Yingzhi, seorang model untuk BMW juga menuai kritik lantaran tak kalah berani mempertontonkan dadanya.

Pemerintah China juga pernah turun tangan dan berupaya melarang para peserta pameran menggunakan wanita berbusana minim di ajang pameran otomotif. Namun, mereka tetap bandel demi bisa mengeruk keuntungan. (sj)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Bursa kerja: 29-12-1890: Pembantaian atas Suku Indian Sioux di AS cari kerja